Pages

Wednesday, March 2, 2011

Usia dan Kebutuhan Tidur Manusia

Usia dan Kebutuhan Tidur Manusia. Anda capeeeeeee banget, di meja kerja, tau2 kelapa anda ngangguk2 dan langsung bobo. Padahal semalem anda bobo, diatas kasur empuk dan susah banget bobo, dan akhirnya malah bangun kepagian. Ini adalah ciri2 klasik orang yang kurang bobo, dan kebanyakan akan mendapatkan obat supaya membantu mereka bobo.

Insomnia (susah_bobo) dikatakan sebagai gangguan bobo paling normal, tapi masalah bobo yang kurang puas seperti ini hanya dialami sekitar 10 persen dari kita semua, masalahnya seringkali masalah psikologis, dan diikuti oleh berbagai efek bahan2 seperti kopi atau obat2an

Dibawah ini adalah 5 hal yang akan membuat anda bisa tidur lebih nyaman

1. Kita bobo lebih baik daripada yang kita pikirkan.

Buat sebagian dari kita, bobo alam tetap berada dalam jadwal sebenarnaya, 8 jam per hari, jadi sebenarnya kita tidak perlu kuatir akan gejala kurang tidur.

2. Semakin kita bertambah umur, kebutuhan kita untuk tidur semakin kecil

Memang bener, tanpa tidur kita bisa mati. Detilnya emang susah banget dijelasin, tapi yang jelas, tidur adalah waktu kita mengembalikan proses biologis yang penting dan juga memperbaiki kondisi memori kita. Tahun lalu, WHO mengatakan bahwa kerja shift malam, yang sering mengganggu kondisi tidur kita, adalah karsinogen (penyebab kangker) alami. Tapi seiring usia kita semakin bertambah, jam yang kita butuhkan untuk tidur semakin menipis.

3. Anda bisa bobo seperti bayi.

Tidur selama beberapa sesi dalam waktu yang masing2 singkat, terkadang lebih bisa diterima oleh tubuh daripada satu sesi yang panjang. Cara ini dipakai oleh awak Phoneix pada salah satu misi Nasa, dengna cara tidur secukupnya pada malam hari, dan tidur siang hari juga dengan sesi2 yang pendek.

4. Hewan juga memiliki berbagai pola tidur.

Kukang jari tiga, tidur selama 9.6 jam per malam. Tapi lumba-lumba muda dan paus pembunuh dapat tidak tidur selama beberapa bulan di awal hidupnya. Hal ini sama sekali tidak direkomendasikan bagi manusia. Karena kita akan lebih gampang jengkel dan kehilangan kemampuan untuk fokus bahkan hanya jika kita tidak tidur satu malam saja, dan hal ini dapat mengakibatkan berbagai kecelakaan bahaya.

5. Jadi biasakan diri anda cape, dan langsung bobo.

Intinya adalah, bobo malam adalah sesuatu yang bukan kemewahan bagi kita, dan cara sederhana unyuk memastikan kita bisa bobo nyaman adalah:
  • Usahakan bobo di waktu yang sama tiap malam
  • Sisihkan waktu agar anda dapat bobo selama minimal 7 jam per hari.
  • Hindari kafein, makanan berat atau pedas dan alkohol atau obat2an lain yang mungkin membuat anda melek selama berjam-jam, dan jika harus dikonsumsi, usahakan konsumsi pada empat sampai enam jam sebelum waktu tidur anda.
  • Usahakan memiliki rutinitas sebelum tidur
  • Usahakan mematikan cahaya dan suara yang mengganggu
  • Hanya gunakan tempat tidur untuk bobo dan kegiatan sex (bukan buat makan, nonton tivi dan baca)
  • Olahraga secara teratur, tapi jangan persis sebelum tidur.

No comments:

Post a Comment