Pages

Thursday, June 9, 2011

Review: Samsung Galaxy Mini GT-S5570

Perkenalan
Handphone Android selalu identik dengan handphone mahal, kini pandangan orang akan hal itu sirna sudah. Samsung sebentar lagi akan mengeluarkan handphone Android terbarunya yaitu Samsung Galaxy Mini GT-S5570 atau yang lebih populer dengan nama Samsung Galaxy Mini yang dibanderol dengan harga terjangkau. Samsung Galaxy Mini sudah dilengkapi dengan OS Froyo. Dibawah ini adalah spesifikasi resmi Samsung Galaxy Mini.

Spesifikasi resmi :
-GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz
-HSDPA 900/2100 Mhz
-Layar sentuh berukuran 3.14 inci berteknologi TFT kapasitif dengan kedalaman 256K warna beresolusi 320 x 240 piksel
-OS Android Froyo
-Kamera beresolusi 3.15 megapiksel dilengkapi dengan geotagging
-Prosesor ARM v6 sebesar 600 Mhz dan RAM sebesar 256 MB
-Sensor akselerometer
-Jack audio standar 3.5mm
-GPS dengan dukungan A-GPS
-Wi-Fi Tethering
-Konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n dan Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP
-Slot memori eksternal microSD (up to 32GB) dan memori internal sebesar 160 MB
-Port microUSB



Bukalah halaman selanjutnya untuk mengetahui Samsung Galaxy Mini lebih lengkap lagi.
 
Hardware
Desain Samsung Galaxy Mini terlihat mirip dengan desain Samsung Galaxy 551, hanya saja secara kualitas, bahan yang digunakan oleh kedua handphone Android keluaran Samsung ini berbeda. Jika Samsung Galaxy 551 menggunakan bahan plastik berjenis glossy dan agak tebal, Samsung Galaxy Mini menggunakan bahan plastik berjenis dove yang lebih tipis, namun tidak seperti murahan.

Pada bagian atas layar terdapat lubang suara, sensor proximity, sensor cahaya, dan logo Samsung.

Samsung Galaxy Mini menggunakan layar sentuh berukuran 3.14 inci berteknologi TFT kapasitif dengan kedalaman 256K warna beresolusi 320 x 240 piksel. Kualitas layar tergolong baik, terbukti kami tidak memiliki masalah saat menggunakan layar dibawah sinar matahari dan melihat layar pada sudut kemiringan yang ekstrim sekalipun. Untuk masalah kesensitifan layar juga tidak perlu diragukan, hanya diperlukan senuthan halus untuk dapat menggerakan ikon-ikon pada layar.

Dibawah layar terdapat tiga buah tombol penggunaan handphone.

Pada bagian belakang handphone terdapat kamera beresolusi 3.15 megapiksel yang belum dilengkapi dengan lampu flash dan fitur autofokus.


Dibawah ini adalah foto-foto dimensi Samsung Galaxy Mini.




Antar-Muka Dengan TouchWiz 3.0
Sudah menjadi standar handphone Samsung Android bahwa handphone layar sentuh Android Samsung menggunakan tampilan layar sentuh TouchWiz 3.0 besutan Samsung. Demikian pula yang terjadi pada Samsung Galaxy Mini yang juga sudah menggunakan TouchWIz 3.0.



Untuk home screen, anda dapat memilih jumlah home screen yang akan anda tampilkan pada layar. Terdapat pilihan 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 home screen yang dapat anda pasangkan pada layar home screen. Semakin banyak layar home screen akan semakin mempengaruhi kinerja handphone.

Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery


Home screen dapat anda tambahkan widget, akses pintas, dan folder yang berisikan ikon menu. Terdapat beberapa widget yang dapat anda pasangkan pada home screen seperti jam analog, jam digital, Google Search, Home screen tips, Android Market, News & Weather, galeri, YouTube, Yahoo Finance, dan Power Control. Sebagai informasi, Samsung Galaxy Mini sudah dilengkapi dengan Live Wallpaper.

Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery
Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery


Menu standarnya ditampilkan dengan tampilan ikon 3 x 4 dengan tampilan 3 buah layar ikon. Jika ikon bertambah maka jumlah layar menu juga akan bertambah sesuai dengan jumlah ikon layar.

Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery


Layar notifikasi dapat anda lihat dengan cara menggeser layar bagian atas home screen kearah bawah. Pada layar notifikasi juga terdapat panel konektivitas handphone.




Phonebook Dengan Dukungan Sinkronasi Kontak Jaringan Sosial Facebook dan Twitter
Samsung Galaxy Mini hadir dengan kontak seluas galaxy alias tanpa batas. Kontak pada handphone Froyo ini memungkinkan anda untuk melakukan sinkronisasi kontak dengan akun Gmail anda, serta akun jaringan sosial anda seperti Facebook, Twitter, dan My Space. Oh iyah, tidak lupa Samsung juga melengkapi phonebook dengan dukungan sinkronisasi Microsoft Exchange.

Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery


Jika anda memasukan akun jaringan sosial anda, maka anda dapat melihat update status teman-teman anda pada kontak phonebook. Ini terasa berguna jika anda malas menggunakan aplikasi Facebook yang terasa merepotkan untuk sekedar melihat update status teman anda. Terdapat beberapa detil kontak yang dapat anda gunakan seperti alamat email, foto personal, nada dering personal,  IM, grup kontak, notes, website, serta tanggal ulang tahun. Kontak dapat anda simpan pada memori handphone, memori SIM, atau akun Google anda.
Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery
Menulis Pesan, Semakin Cepat Dengan Swype

Untuk menginput teks pada Samsung Galaxy Mini terdapat banyak pilihan seperti menggunakan menggunakan keyboard QWERTY portrait, keyboard QWERTY landscape, menggunakan DioPen Chinese IME (sejenis metode input menggunakan kanji cina), menggunakan metode pengenalan tulisan (handwriting recognize), menggunakan keypad alfanumerik portrait, menggunakan keypad alfanumerik landscape, serta menggunakan Swype. Pilihan input terasa lengkap dan semakin memudahkan anda untuk menginput teks pada handphone Froyo ini.

Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery


Sebagai informasi saja, fitur Swype memungkinkan anda untuk mengetik teks secara cepat dengan kecepatan maksimal 40 kata dalam 1 menit dengan gerakan seperti menggeser pada layar. Namun ada baiknya anda membiasakan terlebih dahulu menggunakan Swype agar anda bisa melakukan pengetikan teks secara cepat mengggunakan Swype.



Samsung Galaxy Mini dapat anda gunakan untuk mengirimkan jenis pesan seperti SMS, MMS, Email, dan IM. Tidak terdapat folder pada fitur SMS, inbox, pesan terkirim, dan draft tergabung menjadi satu dan ini sudah menjadi standar tampilan pesan Android. SMS dan MMS tergabung menjadi satu editor bersama, untuk mengubah SMS menjadi MMS anda dapat memasukan konten multimedia pada SMS.

Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery


Untuk email, anda dapat menggunakan email bawaan seperti Gmail atau email lainnya namun tampilannya tidak sebaik tampilan aplikasi Gmail bawaan handphone. Pada Gmail anda dapat menggunakan lebih dari 3 akun Gmail secara bersamaan pada handphone. Gmail pada Froyo sudah dilengkapi dengan fitur untuk menandakan (marking) semua email lalu menghapusnya atau memindahkannya ke archieve. Anda juga dapat melihat inbox email, draft, dan email terkirim. Untuk melihat akun Gmail lainnya, anda dapat menekan akun Gmail anda yang terdapat pada bagian atas kanan layar.

Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery


Untuk IM, hanya tersedia Gtalk saja untuk melakukan chat sesama akun Gtalk. Untuk chat menggunakan akun IM lainnya, anda dapat mendownloadnya pada Android Market secara gratis baik yang resmi ataupun tidak resmi.

Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery
Multimedia
Kamera Beresolusi 3.15 Megapiksel
Samsung Galaxy Mini dilengkapi dengan kamera beresolusi 3.15 megapiksel fixed fokus., tidak terdapat lampu flash pada kamera. Untuk pengaturan kamera terdapat pengaturan seperti shooting mode (single shoot, smile shoot, contiunue, panorama, add me), scene mode (landscape, night, sports, party/indoor, beach/snow, sunset, dawn, color of fall, firework, candlelight, backlight), EV, self timer (2, 5, 10 detik), resolusi foto (3.2MP, 2MP, 1.3MP, 0.1MP), white balance (daylight, cloudy, incandescent, fluorescent), efek warna (hitam putih, negatif, sepia), metering mode (center, spot, matrix), kualitas foto (sangat baik, baik, normal), geotagging, dan zoom digital sampai dengan 3x.
Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery
Untuk hasil foto, absennya autofokus membuat hasil foto pada jarak dekat terlihat blur, namun untuk hasil foto pada jarak jauh sudah dapat dikatakan baik walaupun detil foto terlihat kurang maksimal. Dibawah ini adalah hasil foto Samsung Galaxy Mini.
Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery
Perekam Video

Untuk perekam video, anda dapat melakukan perekaman video dengan resolusi maksimal  sebesar 320 x 240 piksel (QVGA) dengan kecepatan 15 frame perdetik. Terdapat beberapa fitur perekam video seperti EV, zoom digital sampai dengan 3x, self timer (2, 5, 10 detik), resolusi video (QVGA, QCIF), white balance (daylight, cloudy, incandescent, fluorescent), audio (mute/on). Dibawah ini adalah video Samsung Galaxy Mini.


Pemutar Musik
Tampilan pemutar musik milik Galaxy Mini terlihat sedikit dikustomisasi walaupun kustomisasinya tidak berbeda jauh dengan tampilan standar pemutar musik Froyo. Ini terlihat pada adanya pilihan EQ dan chanel 5.1 yang menjadi ciri khas pemutar musik Samsung. Saat lagu dimasukan, maka pemutar musik akan secara otomatis memisahkan lagu berdasarkan pemutar musik, album, judul lagu, anda juga dimungkinkan untuk membuat playlist sendiri.
Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery
Saat lagu dimainkan terdapat tampilan visualisasi album art. Jack audio standar tersedia untuk anda gunakan menggunakan headset standar 3.5mm favorit anda. Efek suara Chanel 5.1 hanya bekerja jika anda mendengarkan lagu menggunakan headset. Kualitas suara pemutar musik milik Samsung Galaxy Mini terdengar baik, apalagi jika anda mendengarkannya menggunakan headset. Suara yang dikeluarkan benar-benar berkualitas. Samsung Galaxy Mini dapat digunakan untuk memutar hampir semua jenis format lagu seperti MP3, AAC, OGG, AAC+, AMR, WAV, AC3.
Galeri
Galeri foto dan galeri video terletak menjadi satu galeri bersama. Galeri foto dan video dipisahkan menurut ektension file masing-masing. Galeri hadir dengan tampilan berefek 3D yang membuatnya terlihat menarik. Jika anda masuk kedalam subfolder, anda dapat melihat foto/video berdasarkan tanggal pengambilan foto/video dengan menggeser tombol yang terdapat pada sisi kanan atas galeri.
Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery
Foto dapat anda zoom-in/out dengan tiga cara seperti melakukan multitouch pinch and zoom (gerakan mencubit pada layar), mengetuk layar sebanyak dua kali secara cepat pada layar, dan menggunakan tombol virtual zoom-in/out pada layar. Saat kami melakukan zoom-in menggunakan pinch and zoom, rendering foto terasa ada jeda, terutama saat melakukan rendering file foto diatas 5MB yang diambil oleh kamera SLR kami. Foto dapat anda share menggunakan beberapa media seperti Bluetooth, Picasa, Email, dan MMS. Sedangkan video dapat anda share menggunakan YouTube, Bluetooth, MMS, dan Email.
Pemutar Video
Pemutar video milik Samsung Galaxy Mini dapat memutar video seperti MP4, H.264, dan H.263 saat kami ujicoba. Sayang pemutar video tidak dapat memainkan file video berformat DivX/XviD saat kami ujicoba untuk memainkan video berformat tersebut.
Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery
Radio FM
Untuk mendengarkan radio anda harus mencolokan headset terlebih dahulu yang mana fungsinya sebagai antena pemancar. Saat headset sudah anda colokan anda dapat mendengarkan radio menggunakan speaker atau menggunakan headset. Stasiun radio dapat anda cari secara manual atau secara otomatis dan anda simpan pada handphone. Radio FM dilengkapi dengan fitur �Auto Off� yang mana berfungsi untuk menonaktifkan radio ketika anda tertidur.

Konektivitas Lengkap
Samsung Galaxy Mini berjalan pada jaringan GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz dan HSDPA 900/2100 Mhz (up to 7.2 Mbps). Untuk konektivitas lokal konektivitas seperti konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n dan Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP. Selain itu juga terdapat Wi-Fi Tethering untuk menjadikan Galaxy Mini sebagai modem Wi-Fi. Untuk menghubungkan Galaxy Mini dengan satelite terdapat GPS dengan dukungan A-GPS.




Port microUSB siap digunakan untuk melakukan pertukaran data dari handphone ke PC atau sebaliknya. Slot microSD dapat anda gunakan untuk mengekspansi memori eksternal handphone. Yang terakhir terdapat jack audio standar 3.5mm pada Galaxy Mini.
Browser, Tidak Terdapat Dukungan Flash
Dukungan flash pada browser tampaknya menjadi masalah klasik sampai saat ini. Walaupun OS Android Froyo sudah mendukung flash, namun standarnya, handphone Android Froyo berharga terjangkau belum mendukung flash karena keterbatasan spesifikasi, yaitu prosesor yang belum mendukung. Namun bagi kami browser tanpa flash sebenarnya bukan menjadi masalah besar, karena kami yakin anda pun jarang menggunakan flash pada browser handphone. Selain itu, jika browser tidak dilengkapi dengan flash maka akan memiliki kinerja yang lebih cepat daripada anda menggunakan browser dengan dukungan flash.
Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery
Dibawah ini adalah video browser Samsung Galaxy Mini vs browser Samsung Galaxy S.
Aplikasi Standar Bawaan Handphone
Aplikasi YouTube
Aplikasi ini berfungsi untuk menonton video YouTube. Aplikasi YouTube dapat anda gunakan untuk mengupload video langsung dari handphone. Video YouTube pada aplikasi ini dapat anda saksikan dengan format high quality yang mana tidak terdapat pada aplikasi YouTube sebelumnya.

News and Weather
Aplikasi ini berguna untuk melihat ramalan cuaca serta mengetahui berita-berita mancanegara terkini.

Places
Aplikasi ini berguna untuk mencari tempat yang anda inginkan seperti restoran, coffe shop, bar, hotel, atm, stasiun pengisian bahan bakar, dan tempat hiburan masyarakat. Aplikasi ini akan secara otomatis mencarikan tempat yang terdekat dengan posisi anda menggunakan bantuan Google Maps dan GPS.
Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery
Organizer
Terdapat beberapa fitur organiser standar bawaan handphone seperti kalendar, memo, alarm, perekam suara, dan kalkulator.
Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery
GPS Dengan Dukungan A-GPS
Seperti biasa, handphone Android dilengkapi dengan map buatan Google, yaitu Google Maps. Maps dengan tampilan sederhana ini memiliki beberapa tampilan peta seperti satelite, map, dan terrain. Untuk melihat map dengan tampilan 3D anda dapat menggunakan Street View yang dilengkapi dengan kompas digital untuk memudahkan penjelajahan map.
Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery
Aplikasi Office
Galaxy Mini sudah dilengkapi dengan aplikasi office �Quickoffice�. Aplikasi office bawaan Galaxy Mini ini hanya dapat digunakan untuk membuka file office seperti .docx, xlsx, .pptx, dan .pdf. Apliaksi ini tidak dapat digunakan untuk mengedit dan membuat file dokumen baru.
Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery
Benchmarking

Samsung Galaxy Mini menggunakan prosesor ARM v6 sebesar 600 Mhz dan RAM sebesar 256 MB. Kami menggunakan aplikasi benchmarking Quandrant Standar pada ujicoba kali ini. Dibawah ini adalah hasil penilaian yang didapatkan oleh Galaxy Mini.

-Frame per second : nilai 556 (dibawah Samsung Galaxy S, diatas Google Nexus One

Hasil yang didapatkan oleh Galaxy Mini tergolong tinggi untuk sebuah handphone Android low end, nilai yang didapatkan oleh Galaxy Mini diatas nilai yang didapatkan oleh LG Optimus One (307) dan Samsung Galaxy 551 (440).
Samsung Galaxy Mini GT-S5570 Review Gallery


Daya Tahan Batery

Handphone Android Froyo ini menggunakan batery Li-Ion 1.200 mAh yang sanggup bertahan hingga 571 jam pada jaringan 2G dan 444 jam pada jaringan 3G dalam kedaan standby. Saat digunakan untuk berbicara batery handphone dapat bertahan hingga 576 menit pada jaringan 2G dan 382 menit pada jaringan 3G.

Kata Penutup
Spesifikasi Samsung Galaxy Mini memang tidak sebaik spesifikasi Samsung Galaxy S. Namun untuk handphone sekelasnya dan segala keterbatasannya, Samsung Galaxy Mini kami nobatkan menjadi yang terbaik dikelasnya.

Kelebihan :
-OS Froyo
-Layar terasa sensitif, dukungan multitouch dan kinetik scrolling pada layar
-Prosesor terasa cepat
-Shutter speed kamera tergolong cepat
-Handphone Froyo dengan harga paling terjangkauÂ
-Bentuk yang mini dan ringan
Kelemahan :
-Masih belum mendukung flash player di Browser
-Belum terdapat fitur autofokus, flashlight dan tombol shutter pada kamera
-Layar kurang tajam (256rb warna 320x240px)

Fitur dan Penggunaan Standar HP
Â
Facebook (Aplikasi)
Upload foto : Ya, dari brower dan aplikasi
Update status : Ya, dari browser dan aplikasi
Album Foto : Ya, dari browser dan aplikasi
Komentar : Ya, dari browser dan aplikasi
Inbox : Ya, dari browser dan aplikasi
News Feeds : Ya, dari browser  dan aplikasi

Twitter (Aplikasi)

Upload foto : Ya, dari aplikasi
Update status : Ya, dari browser dan aplikasi
Reply : Ya, dari browser dan aplikasi
Retweet : Ya, dari browser dan aplikasi
DM : Ya, dari browser  dan aplikasi

Kamera

Resolusi : 3.15 megapixel
Keadaan gelap : Terang
Flash : Tidak
Autofokus : Tidak
Zoom : 3x
Fitur : EV, zoom digital sampai dengan 3x, self timer (2, 5, 10 detik), resolusi video (QVGA, QCIF), white balance (daylight, cloudy, incandescent, fluorescent), audio (mute/on)
Video Kamera

Resolusi : QVGA
Keadaan gelap : Cukup terang
Flash : Tidak
Frame perdetik : 15 fps
Fitur : Resolusi, durasi video (normal, MMS), brightness, timer, resolusi (QVGA, QCIF), white balance (auto, cloudy, fluorescent, daylight, incandescent), efek warna (hitam putih, negatif, sepia), kualitas video (normal, baik, sangat baik), adjust (kontras, saturation, sharpness), dan audio.

Setting Internet

Setting manual atau otomatis : Otomatis

GPS

Kompass Digital : Ya
A-GPS : Ya
Peta bawaan : Ya, Google Maps

Browser

Format : HTML
Flash Player : Tidak
Performa : Cepat
Dukungan banyak jendela : 8 Tab

Layar

Layar sentuh berukuran 3.14 inci berteknologi TFT kapasitif dengan kedalaman 256K warna beresolusi 240 x 320 piksel
OS

Type apa : Android Froyo 2.2
Upgrade OS : OTA
Upgrade selanjutnya : Belum diketahui

Keyboard

Type : Keyboard QWERTY portrait, Keyboard QWERTY landscape, Handwriting recognize, keypad alfanumerik
Tombol kualitas : Sensitif
Tombol penekanan : Sensitif

Office

Aplikasi bawaan : Quickoffice

Media & Multimedia

Pemutar musik untuk MP3, WMA, dan AAC
Galery foto video : Ada, menggunakan Galeri
Fungsi share : Bluetooth, Picasa, Email, dan MMS
Wi-Fi

Shortcut on/off : Ada
Sinyal : Stabil

Jaringan

Dukungan 3G : Ya
Band : 900/2100 Mhz (HSDPA)
Kecepatan HSDPA : 7.2MBps

Bluetooth

Versi : Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP

Messaging

Penggunaan SMS dan MMS : Mudah
Dukungan email : Protokol IMAP4 dan POP3
Fitur lain : Gtalk
Attachment email : file gambar, file office, dll.

Baterai

Daya tahan (Standby): 571 jam (2G) / 444 jam (3G)
Waktu bicara : 576 menit (2G) / 382 menit (3G)
Pengoperasian untuk memainkan musik : -
Type baterai dan kapasitas :  Baterai Li-Ion 1..200 mAh

Streaming

Audio : Ya, melalui browser dan aplikasi lainnya
Video : Ya, melalui browser, Youtube dan aplikasi lainnya

Aplikasi

Dukungan format : .APK
Market app / Tempat Download : Android Market
Daftar Aplikasi :
-Phonebook
-Catatan panggilan
-Pesan
-Galeri
-Pemutar musik
-Alarm
-Kalendar
-Memo
-SNS
-Kalkulator
-Browser
-Gmail
-Email
-YouTube
-Kamera
-Perekam video
-Widget
-Google Maps
-GPS

Notifikasi

SMS : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Email : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Chatting : Ya, bunyi dan notifikasi pada home screen
Facebook : Ya, notifikasi pada home screen dan update status pada widget Facebook
Twitter : Ya, notifikasi pada home screen dan update status pada widget Twitter

Nada dering

Format : MP3
MP3 sebagai ringtone : Ya, melalui pemutar musik
MP3 sebagai sms : -
MP3 sebagai email : -

Profile

Pengaturan profile shortcut atau biasa : Pada menu
Type : Airplane mode, normal, dan silent mode
Mode pesawat : Ya

  Startup

Waktu startup : 20 detik

Games

Bawaan : Tidak
Download format game : APK
Tempat download : Android Market

Background

Format gambar : JPEG, GIF
Ukuran : 320 x 240 piksel
Foto sebagai wallpaper : Ya, melalui galeri dan kustomisasi

Navigasi

Touchscreen : Ya
Lainnya : -
Penggunaan : Mudah digunakan

Sinkronisasi Ke Komputer

Media : Kabel data microUSB, dan Bluetooth
Aplikasi : Google Sync
Mode : Sebagai Mass Storage/Modem

Memory

Internal (Aplikasi): 160 MB
Dukungan kartu memory : MicroSD (up to 32GB)

Buku Telepon

Kapasitas: Tidak terbatas
Data : Alamat email, foto personal, nada dering personal,  IM, grup kontak, notes, website, serta tanggal ulang tahun
Sinkronisasi OTA : Google Sync
Foto : Ya, dari kontak
Backup : SIM Card, Google Sync,Facebook, Twitter, MySpace, Gmail
Aplikasi Backup Kontak Offline (komputer) : SIM card
Dukungan file backup : -

Panggilan Telepon

Panggilan cepat, panggilan suara (speaker independen) dan perintah suara
Catatan panggilan keluar, masuk dan tak terjawab
Panggilan konferensi
Speaker handsfree terpadu

Home Screen, Tema & Personalisasi

Jumlah maximal : 7 home screen
Perpindahan : Lancar
Live Wallpaper : Ya
Performa : Lancar
Dukungan Widget : Ya
Dukungan Shortcut : Ya

Personalisasi

Layar depan yang dapat disesuaikan :
-Wallpaper
-Home screen
-Pintasan/Shortcut
-Live Wallpaper
-Widget

Lain-lain

Jackaudio : Ada, 3.5mm
Radio FM : Ada, memerlukan headset untuk memainkannya
Akeselerometer : Ya
Alarm : Ya
Keypad tone : Ya
Port charging : Ya, microUSB
Unlocked dan lock : Tekan tombol power
Hot swap : Tidak
Speaker : Suara berkualitas
Mode pesawat : Airplane mode
USB : MicroUSB untuk data dan charging
 
Teknoup.com

No comments:

Post a Comment