Pages

Tuesday, July 12, 2011

Aplikasi Game Paling Populer diantara Pengguna Smartphone

Aplikasi Game Paling Populer diantara Pengguna SmartphoneAplikasi apa yang paling sering digunakan dalam smartphone? Musik, film, hiburan, atau game? Hmm.. sepertinya kita sudah bisa menebak jawabannya. Yup, game adalah aplikasi yang terbilang paling sering digunakan. Hal ini diungkapkan oleh Nielsen dengan hasil surveynya dalam periode 30 hari terakhir.

Game adalah kategori yang paling populer untuk didownload dari aplikasi mobile. Sekitar 64% dari responden telah mendownload aplikasi game pada satu bulan terakhir. Di posisi kedua adalah aplikasi yang berhubungan dengan cuaca, yaitu sebesar 60%. Social network menempati posisi ketiga dengan presentase 56%. Dan yang agak mengejutkan, hanya 44% pengguna yang mendengarkan musik dengan smartphone mereka.



Hal lain yang cukup menarik dari laporan Nielsen ini adalah kategori mengenai aplikasi berbayar. Sebanyak 93% pengguna memilih untuk mendownload aplikasi game. Di sisi lain yang cukup mencolok, hanya 76% pengguna yang bersedia untuk membayar aplikasi berita. Presentase tertinggi dari pengguna yang bersedia membayar aplikasi game tampaknya dapat menggambarkan bahwa smartphone kini lebih dari sekedar perangkat komunikasi, melainkan juga sebagai perangkat game.



Lebih dari setengah pengguna perangkat iOS, Windows Phone 7 dan smartphone Android memilih untuk mendownload aplikasi game daripada memiliki aplikasi preloaded pada smartphone mereka. Dan mengenai waktu bermain game, pengguna perangkat iOS lebih sering menghabiskan sebagian besar waktu diantara pengguna smartphone yang menjalankan sistem operasi lainnya. Pengguna iOS menghabiskan rata-rata 14,7 jam pada 30 hari terakhir. Sedangkan pengguna Android hanya menghabiskan rata-rata 9,3 jam. Rata-rata pengguna memainkan game 7,8 jam dalam satu bulan.






Kepopuleran game pada smartphone inilah yang membuat begitu banyaknya aplikasi game  bermunculan. Sebagian besar game populer seperti Angry Birds dan Fruit Ninja cukup mudah dimainkan, memiliki tampilan grafis yang menarik dan benar-benar terbukti dapat ?membunuh waktu?. Bagaimana dengan Anda? Aplikasi apa yang paling sering Anda gunakan pada smartphone Anda?

No comments:

Post a Comment