Pages

Tuesday, April 8, 2014

KEUTAMAA BELAJAR MEMBACA AL-QUR'AN WALAUPUN DENGAN SUSAH PAYAH.( TERBATA-BATA/GRETOLEN).



" Orang yang mahir berinteraksi dengan Al-Qur'an akan bersama Malaikat yang muliia dan taat, sedangkan yang membaca Al-Qur'an dengan terbata-bata atau susah payah ( gretolen) maka ia akan mendapatkan dua pahala." HR.Muslim.

Imam Nawawi,dalam kitab syarah Muslim menjelaskan;kata " mahir" ialah berarti ia mampu memahami,membaca,menghafal,mentadabburii dan mengamalkan Al-qur'an.

Adapun bagi seseorang yang susah payah terbata bata dalam membacanya, ia aka diberi dua pahala, maksudnya yaitu: pahala membaca dan pahala dengan susah payhnya dia membaca."

Nabi saw bersabda;

ٳن افضلكم من تعلم القراءن و علمه.
Sesungguhnya orang paling utama diantara kalian adalah, yang belajar Al-Quran dan mengajarnya."

Dari Sahabat Anas. RA. Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya Allah swt itu mempunyai keluarga yang terdiri dari manusia," kemudian Anas bertanya lagi," Siapakah mereka itu wahai Rasulullah,? Rasulullah saw berkata," Yaitu Ahlil Qur'an, ( orang yang membaca,menghapal dan mengamalkan isinya),mereka adalah kelrga Allah dan mereka orang orang yang istimewa bagi Allah."

Dari Ali bin Abi Thalib karramallaahu wajhu." Rasulullah saw bersabda,:
Barang siapa yang senantiasa membaca Al-Qur'an dan menghafalkannya, maka Allah akan memasukkan kedalam surga, dan diberikannya hak sepuluh syafa'at untuk anggota keluarganya dimana mereka semuanya sebelumnya telah ditetapkan masuk neraka."

Sabda Rasullah sawn dari Ibnu mas'ud ra. Hendaknya yang berhak menjadi Imam ddalam Shalat ssuatu kaum ialah mereka yang paling baik bacaannya( menghafal) Alqur'annya."

Jadikan keluarga kita sebagai keluarga generasi Qur'ani... hiasi rumah rumah kita dengan lantunan ayat ayat Qur'an..dengan demikian insya Allah Rumah rumah kita akan diterangi oleh cahay cahaya Al Qur'an..

No comments:

Post a Comment