Pages

Sunday, February 20, 2011

Bersabar Dalam Musibah

     Seperti hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas r.a. bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda: Yang pertama kali ditulis dengan qalam di Lauhul Mahfudh mengenai perintah Allah adalah:
       "Aku adalah Allah, tiada Tuhan selain Aku, Muhammad adalah hambaKu dan RasulKu. PilihanKu dari MakhlukKu, sabar atas cobaanKu, bersyukur karena nikmatKu, maka Aku akan menulisinya sebagai orang yang benar. Aku akan membangkitkannya bersama orang-orang yang benar pada hari kiamat. Barang siapa yang tidak pasrah kepada ketentuanKu dan tidak sabar atas cobaanKu, serta tidak mau bersyukur atas nikmat-nikmatKu, maka hendaknya ia keluar dari bawah ArasyKu dan carilah Tuhan selain Aku".

     Al-Faqih berkata: Bersabar terhadap cobaan dan selalu ingat kepada Allah ketika terjadi musibah adalah sesuatu yang wajib atas manusia, karena ingat Allah pada saat saat demikian berarti dirinya telah ridla atas ketentuanNya sekaligus menghinakan kepada setan.
     Ali bin Abi Thalib berkata: Sabar itu ada Tiga, yaitu: Sabar menjalankan ketaatan pada Allah, Sabar meninggalkan ma'shiyat dan Sabar terhadap musibah. Barang siapa yang bersabar atas ketaatan, maka Allah akan memberinya seratus derajat. Setiap derajat jaraknya antara langit dan bumi. Barang siapa bersabar atas musibah, maka Allah akan memberinya pahala dengan tanpa dihisab.

sumber: Menyingkap 110 Misteri Alam Kubur

No comments:

Post a Comment