Pages

Thursday, January 16, 2014

Felix Siauw = Snouck Hurgronje


Snouck Hurgronje (Al Fadhil Asy Syekh Al AIlamah Maulana Abdul Ghaffar, sang mufti negeri Jawa); Bapak Orientalis Imperialis yang Hafal Al Quran
--------------------

Nama lengkapnya adalah Christiaan Snouck Hurgronje; seorang orientalis Belanda terkenal dan ahli politik imperialis. Lahir pada 8 Februari 1857 di Oosterhout dan meninggal pada 26 Juni 1936 di Leiden. Ia merupakan anak keempat pendeta J.J. Snouck Hurgronje dan Anna Maria, putri pendeta Christiaan de Visser. Perkawinan kedua orang tuanya didahului oleh skandal hubungan gelap sehingga mereka dipecat dari gereja Hervormd di Tholen (Zeeland) pada 3 Mei 1849.

Seperti ayah, kakek, dan kakek buyutnya yang betah menjadi pendeta Protestan, Snouck sempat bercita-cita ingin menjadi seorang pendeta. Oleh karena itu, pada 1874 ia memasuki Fakultas Teologi di Universitas Leiden. Setelah lulus sarjana muda pada 1878, Snouck melanjutkan ke Fakultas Sastra Jurusan Sastra Arab di Universitas yang sama. Ia berhasil meraih gelar doktor dalam bidang Sastra Semit pada 1880 dengan disertasi berjudul Het Mekkansche Feest (Perayaan Mekah).

Untuk memperdalam pengetahuan tentang Islam dan bahasa Arab, pada 1884 Snouck pergi ke Mekah. Di hadapan para ulama, ia menyatakan masuk Islam dan memakai nama ABDUL GHAFFAR. Ia mengadakan hubungan langsung dengan para pelajar dan ulama yang berasal dari Hindia Belanda. Pengetahuannya tentang Islam memang cukup luas. Ia sangat menguasai BAHASA ARAB, bahkan juga HAPAL AL QUR'AN.

Kelak ketika bertugas di Hindia Belanda, banyak pribumi muslim memberinya gelar Fadhilah "SYEKH AL ALLAMAH MAULANA ABDUL GHOFFAR, SANG MUFTI TANAH JAWI" karena terkagum dengan ilmunya dan menyangkanya benar-benar sebagai muslim. Padahal, menurut P. Sj. Van Koningsveld, keislaman Snouck Hurgronje hanyalah tipu muslihat.

Karena sering menghadapi perlawanan jihad dari umat Islam, pemerintah kolonial Hindia Belanda pada 1889 mendatangkan Snouck Hurgronje ke Indonesia. Mereka mengangkatnya sebagai penasihat untuk urusan-urusan Arab dan pribumi. Tugasnya adalah melakukan penyelidikan mengenai hakikat agama Islam di Indonesia dan memberikan nasihat kepada pemerintah mengenai urusan-urusan agama Islam.

SIASAT SNOUCK HURGRONJE DALAM MEREDAM PERLAWANAN RAKYAT ACEH

Untuk mengalahkan pertahanan dan perlawan Aceh, Belanda memakai tenaga ahli Dr. Christiaan Snouck Hurgronje yang menyamar selama 2 tahun di pedalaman Aceh untuk meneliti kemasyarakatan dan ketatanegaraan Aceh. Hasil kerjanya itu dibukukan dengan judul Rakyat Aceh (De Acehers). Dalam buku itu disebutkan strategi bagaimana untuk menaklukkan Aceh.

Usulan strategi Snouck Hurgronje kepada Gubernur Militer Belanda Joannes Benedictus van Heutsz adalah, supaya golongan Keumala (yaitu Sultan yang berkedudukan di Keumala) dengan pengikutnya dikesampingkan dahulu. TETAP MENYERANG TERUS DAN MENGHANTAM TERUS KAUM ULAMA. Jangan mau berunding dengan pimpinan-pimpinan gerilya. Mendirikan pangkalan tetap di Aceh Raya. MENUNJUKKAN NIAT BAIK BELANDA KEPADA RAKYAT ACEH, DENGAN CARA MENDIRIKAN LANGGAR, MASJID, memperbaiki jalan-jalan irigasi dan membantu pekerjaan sosial rakyat Aceh.


Nasehat Snouck mematahkan perlawanan para ulama, karena awalnya Snouck sudah melemparkan isu bahwa yang berhak memimpin Aceh bukanlah uleebalang, tapi ulama yang dekat dengan rakyat kecil. Komponen paling menentukan sudah pecah, rakyat berdiri di belakang ulama, lalu Belanda mengerasi ulama dengan harapan rakyat yang sudah berposisi di sana menjadi takut. Untuk waktu yang singkat, metode yang dipakai berhasil. Snouck mendekati ulama untuk bisa memberi fatwa agama. Tapi fatwa-fatwa itu berdasarkan politik devide et impera.


di olah dari berbagai sumber
-----------

baca juga:
-----------
fatwa aneh dari Felix Siomai:

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=652053954818576&l=9e50254ed2

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=652074901483148&l=abaf9b27d8
-----------


KHILAFAH, ANTARA CITA-CITA DAN REALITA; https://www.facebook.com/photo.php?fbid=595643387126300&l=f45c15e6d9

PANDANGAN-PANDANGAN ANEH PENDIRI HIZBUT TAHRIR: https://www.facebook.com/notes/selamatkan-demokrasi-pancasila-uud-45-dari-rongrongan-ide-khilafah/pandangan-pandangan-kontroversial-al-nabhani-dan-hizbut-tahrir-yang-pantas-dibub/473827851506

TEROPONG TOKOH NU TERHADAP HIZBUT TAHRIR: http://cendekiasumsel.wordpress.com/2012/04/13/teropong-tokoh-nu-terhadap-hizbut-tahrir/

--------------

dimanakah hizbut tahrir berpusat? ada yg menyebutnya berada di inggris: http://muslimedianews.wordpress.com/2013/09/30/lokasi-kantor-pusat-hizbut-tahrir-markas-ht/

No comments:

Post a Comment