Pages

Saturday, January 22, 2011

Cara Memasang Parampaa™ di Blog

Buat Anda yang pingin memasang emoticons nggilani Parampaa™ di Blog (WordPress), berikut ini langkah-langkah menginstall-nya :
PENTING : SEBELUMNYA PASTIKAN ANDA PUNYA BACKUP SMILIES DEFAULT WP. JUST IN CASE
1. Download Parampaa Pack ke dalam hardisk.
2. Masuk ke dalam cPanel > File Manager Anda. Upload Parampaa.zip ke lokasi :
public_html/wp-includes/images/smilies dan sebuah window baru akan muncul.
File Manager
Existing
Complete
Jangan lupa untuk mengcontreng tanda “Overwrite Existing Files”
3. Kembali ke Tab File Manager yang /smilies tadi. Refresh. Cari ‘Parampaa.zip’, kemudian klik kanan dan extract!!
Extract4. Sebenarnya cukup di sini Parampaa standar udah bisa keluar. Namun karena saya bikin beberapa emot yang tidak dipunyai WP (seperti nyucuk, cemberut, dies, fufu dll dll) maka kita musti menambahkan beberapa code –agar emot tambahan itu bisa dipakai. So, kita menuju ke folder /wp-includes (di File Manager) cari file bernama ‘function.php’. Klik kanan, kemudian Code Edit!!
Code Edit
5. Window baru akan muncul, dengan code ‘function.php’ yang familiar. Abaikan code-code di awal, scroll turun ke bawah sampai ke line sekitar 2400-an. Anda tinggal menambahkan code emot dan nama file yang bersangkutan.. Kroscek dengan file manager, apakah nama file-nya sudah benar..
Function6. Sekarang, emot Parampaa pun sudah bisa dimunculkan di post atau di komen..
7.Untuk mempermudah pembaca blog dalam memberikan emot (terkadang ada beberapa kode yang mereka tidak tahu) kita akan memasang list emot itu di atas form komen. Namun untuk itu, kita musti meng-install Plug-In bernama Custom Smilies.. Anda bisa meng-install langsung dari Dashboard atau menuju ke sini.
8. Setelah menginstall dan meng-aktifkan plug-in, pada bagian Settings akan muncul menu baru : Smilies. Kemudian akan ada opsi untuk menambah emot mana aja yang akan dimasukkan ke dalam form komen.
Custom Smilies Option
Update!! Maka Parampaa sudah bisa muncul di atas komen..
Ribet yah?! Huhuhu. Semoga membantu..

2 comments: