Sunday, January 23, 2011

Mengembalikan Data Anda Yang Hilang Karena Di Delete (di hapus) Atau Diformat Untuk File System FAT dan NTFS

Saya menemukan software untuk keperluan ini secara tidak sengaja sewaktu beberapa tahun yang lalu mampir ke rentalan software di daerah Jalan Kaliurang, Yogyakarat. Anda tentunya tahu bukan bahwa software bajakan di Yogyakarta sangatlah banyak dan dijual bebas (lebih tepatnya disewakan bebas). Lengkap dengan Patch, Keygen, atau yang lainya. Tidak usah beli mahal-mahal, cukup sediakan uang 2000 rupiah dan anda bisa memperoleh puluhan software gratis. Halal tidaknya persoalan ini saya tidak akan membahasnya. Terserah anda mau memakainya atau tidak.
Nah sewaktu meminjam, kalau tidak salah ingat Norton Antivirus 2005, walaupun sekarang sudah banyak yang pindah ke Kapersky, sampai sekarang masih saya pake karena gampang updatenya, walaupun sudah ada yang baru dan tiap tahun minta perpanjangan alias update (cara gampang bagi saya hapus semua registernya pake regcleaner dan instal lagi, kalau gak begini biasanya masih gak bisa di instal Nortonnya), nah di bagian isi CD yang lainnya saya mendapatkan software yang cukup menarik. Namanya Get Data Back from FAT or NTFS. Mau FAT 8, FAT 16 atau FAT 32 gak masalah. Beberapa keluaran terbaru sudah support untuk file system miliknya Linux. Silahkan googling kalau gak sempet ke rental CD. Iseng-iseng saya coba nich software, ternyata cukup menarik hasilnya. Data-data yang hilang karena di delete atau di format bahkan data yang di lock (windows XP bisa mengelock folder kalau gak salah), bisa diliat dan dikembalikan dengan software ini. Saya pernah berhasil juga membalikan data yang hilang di flash disk karena virus maupun karena terdelete oleh virus. Ada juga virus yang mengubah folder menjadi file system. Cukup bermanfaat bukan? Bayangkan jika file penting anda hilang karena di delete seseorang atau virus, anda bisa mengembalikannya dengan software ini. Beberapa toko komputer sering memberikan jasa untuk keperluan ini. Entah sudah berapa rupiah yang dikumpulkan mereka untuk menjual dan memanfaatkan kepanikan kita ketika file penting kita hilang atau kena delete virus atau seseorang. Saya cukup heran juga untuk instal windows yang sedemikian mudah mereka minta jasa 50 ribu-100ribu. Perlu 1 jam lah paling lama untuk instal windows dengan kecepatan komputer sekarang tentunya (minimal Pentium III). Itupun bisa ditinggal-tinggal pergi. Lah wong tinggal klik next doang kan? Kalau pake cloning sih malah bisa lebih singkat. Ya gak? Kalau untuk mengembalikan data gak tahu saya berapa mereka minta jasanya.
Kenapa bisa dikembalikan? Ini karena delete atau format sebenarnya hanya menghilangkan cara pembacaan/ bagian tertentu dari file data atau disk kita. Buktinya adalah delete atau format hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat dibandingkan dengan mengkopi data. Perbandingannya lama waktunya mungkin 100:1.
Namun perlu diberi catatan, untuk delete dengan cara shredder (salah gak saya nulisnya?), software ini tidak bisa digunakan. Delete dengan cara shredder berarti mendelete sekaligus mengacak hasil deletan tersebut pada hardisk atau file system kita. Dan ini memerlukan waktu yang lebih lama daripada cara delete biasa. Dan berbahagialah karena virus biasanya tidak memakai cara ini untuk mendelete atau memformat file atau disk penting kita :D. Perlu diberi catatan lagi, tentunya data yang didelete atau di format belum tertimpa dengan data yang lainnya sehingga masih bisa dikembalikan. Berita buruknya virus sering kali menimpa hasil deletannya dengan file baru yang berisi virus juga :(
Semoga bermanfaat
Haqiqie Suluh
Jika anda pengen data anda benar benar tidak terkembalikan gunakan Deep Delete. Download Deep Delete Disini.

No comments:

Post a Comment